Senin, 05 Oktober 2009

Sejarah Perkembangan Network

Pada awalnya jaringan komputer lahir pada tahun 1940-an di Amerika dari sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Harvard University yang di pimpin Profesor H.Aiken. Awalnya hanya ingi memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang herus d pakai bersama.
Ketika jenis komputer mulai besar dan menjadi Super Komputer, maka komputer mesti melayani beberapa terminal,untuk itu ditemukan distribusi proses berdasarkan waktu atau TSS(Time Sharing System),maka untuk pertam kali jaringan komputer d aplikasikan. di sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah host komputer.
di tahun 1969 Departemen Pertahanan Amerika mengadakan riset tentang cara menghubungkan sejumlah komputer agar membentuk jaringan organik yang disebut ARPANET.
tahun 1971 ARPANET berkembang sehingga bisa menghubungkan dari 4 host menjadi 23 host yang mempunyai 15 node.tahun 1972,Roy Tomlison berhasil menyempurnakan email dan ikon @ pun diperkenalkan.tahun 1973,jaringan komputer ARPANET dikembangkan keluar Amerika dan University College London komputer yang pertama kali menjadi anggota ARPANET di luar Amerika.d tahn yang sama dua orang ahli komputer,Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yaitu,“A Protocol for Packet Network Intercommunication”. yang merupakan cikal-bakal protokol Transmission Control Program (TCP). ide ini di presentasikan di Universitas Sussex.
Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka kita membutuhkan se­^uah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982, terbentuklah Transmission Control Protocol atau TCP dan IP yang kini kita kenal semua.Untuk menyeragamkan atamat di jarinqan komputer yang ada, pada tahun 1984 sistem nama domain diperkenalkan. Kini, kita mengenalnya sebagai DNS.Komputer yang tersambung dengan jaringan sudah ada 1000 dan pada tahun 1987 jumlah tersebut naik menjadi 1o kali lipat menjadi 10000 lebih.
Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Fintandia menemu­kan dan sekaligus memperkenalkan IRC (Internet Relay Chat). setahun kemudian jumlah tersebut naik kembali 10 kali lipat dan menjadi 100.000 lebih komputer yang membentuk jaringan.Tahun 1990 adatah tahun paling bersejarah. Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah dari satu komputer ke komputer lainnya, yang membentuk jaringan. Program initah yang disebut www, atau World Wide Web.tahun 1992, komputer yang membentuk jaringan ada sejuta lebih komputer.dan d tahun yang sama muncul istilahg surfing (menjelajah).
Tahun 1994, situs-situs dunia maya tetah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman dan untuk pertama katinya virtual shopping atau e-retail muncut di situs.Di tahun yang sama, Yahoo!(Yet Another Hierarchical Officious Oracle), yangmerupakan search engine, didirikan oteh dua orang mahasiswa Stanford University bernama Jerry Yang dan David Filo. dan jaringan komputer pun sampai sekarang masih terus berkembang seiring perkembangan teknologi...
Sumber Wordpress.com

Tidak ada komentar: